Rekomendasi 4 Jenis Seafood Yang Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Udang Vaname pack  |  TaniHub
source gambar : tanihub.com

Seafood adalah salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Terdapat banyak nutrisi penting dalam seafood untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin dalam kandungan.

Sebagaimana dilansir dari Hello Motherhood, ibu hamil tetap harus berhati – hati dalam memilih seafood agar terhindar dari kontaminasi berbahaya seperti merkuri. Nah, berikut dibawah ini rekomendasi 4 jenis seafood yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil :

  • Simping

Simping adalah salah satu jenis seafood yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Simping yang memiliki asam lemak omega 3 dan menjadi sumber protein ini akan mengoptimalkan perkembangan otak, sistem indera, serta sistem saraf pada janin.

Perlu ibu hamil ketahui mengonsumsi kerang simping saat hamil tidak berbahaya. Selain mengandung omega 3, kerang simping juga mengandung omega 6, zinc, yodium, tembaga, zat besi, selenium, vitamin A, vitamin E, dan vitamin B kompleks.

Sumber nutrisi yang kaya pada kerang simping akan membantu memenuhi kecukupan nutrisi serta gizi ibu hamil dan janin dalam kandungan, sehingga kualitas kesehatan pun terus meningkat.

  • Udang

Udang juga adalah salah satu jenis seafood yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Udang adalah salah satu jenis seafood yang mengandung protein tinggi, merkuri dan kadar lemak yang rendah, sehingga menjadi salah satu jenis makanan laut yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

Kadar lemak yang rendah membuat ibu hamil tak perlu mengkhawatirkan kenaikan berat badan atau tingkat lemak yang tidak baik bagi kesehatan. Kandungan protein dalam udang bisa membantu pertumbuhan janin didalam kandungan.

Udang juga mengandung zat besi yang bisa membantu mengurangi risiko anemia serta membantu dalam memberikan pasokan darah ke janin, dan mengurangi risiko bayi lahir premature.

  • Ikan Salmon

Jenis seafood yang aman dikonsumi oleh ibu hamil selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan ini mengandung lemak omega 3 yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan omega 3 tersebut dapat membantu meningkatkan visual dan perkembangan otak janin, anti peradangan.

Nutrisi yang terkandung didalamnya juga dapat meminimalisir risiko kelahiran prematur dan menurunkan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Sementara kandungan protein dan vitamin didalamnya dapat membantu pertumbuhan otot janin dan juga mengatur sistem metabolisme dalam tubuh janin.

Bagi ibu hamil, jenis seafood ini akan memberikan sumber energi dan mengatur pertumbuhan hormone selama kehamilan.

  • Ikan Sarden

Umumnya mengonsumsi ikan sarden aman selama kehamilan dan bisa dikonsumsi dua hingga tiga kali seminggu. Ikan sarden juga menjadi salah satu seafood untuk ibu hamil dengan kadar merkuri terendah.

Namun, perlu diketahui bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sarden mentah atau setengah matang karena risiko bakteri serta penyakit bawaan. Biasanya, ibu hamil mungkin akan menjumpai ikan sarden dalam bentuk kalengan daripada ikan segar. Secara keseluruhan, ikan kaleng termasuk sarden, aman dikonsumsi selama kehamilan karena proses pengalengan sudah memanaskan makanan pada suhu tertentu sehingga ikan “steril secara komersial”.

Ibu hamil tak perlu khawatir tentang bakteri atau bahkan jamur yang mengkontaminasi ikan sarden kalengan, selama disimpan dengan benar dan tidak kedaluwarsa.

Selain itu masih ada jenis seafood lainnya yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu ikan teri. Ikan teri bisa digunakan sebagai sumber nutrisi penting dan bergizi untuk bayi ibu yang belum lahir karena dapat mendukung perkembangan janin yang sehat. Itulah aneka seafood yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *