Sejarah Macan Kemayoran

Persija macan kemayoran - Home | Facebook

Sudah sejak lama kalau Persija itu dijuluki dengan nama Macan Kemayoran, dan sampai sekarang pun masih demikian. Akan tetapi kami rasa tidak banyak orang yang tahu sebenarnya alasan mengapa tim Persija itu diberi nama demikian. Ini adalah satu julukan yang sudah lama melekat sebenarnya, namun memang tidak banyak orang yang memahami sebenarnya sejarah mengapa nama itu disematkan. Dan pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa sejarah asal muasal dari nama tersebut disematkan di tim Persija.

Cerita Rakyat Yang Beredar

Sebenarnya nama dari macan itu bisa disematkan ke dalam tim Persija itu tidak lain karena adanya cerita rakyat di daerah Jakarta. Bila ditelusuri lebih lanjut memang, akan tetapi ada dua versi cerita yang menunjukkan mengapa Persija diberi nama julukan macan kemayoran. Versi yang pertama dari penyebutan nama macan ini muncul dari sebuah kisah pemuda di Batavia yang memiliki nama Murtado. Ini adalah versi cerita yang paling populer dibandingkan versi cerita yang lainnya atas penamaan tim Persija ini.

Pada cerita rakyat yang tertuang pada buku “cerita rakyat dari Sabang sampai Merauke” dikisahkan ada seorang pemuda berani di zaman kolonial. Buku ini diterbitkan oleh pustaka Widyatama dan menjadi sumber yang bisa kita baca untuk mengetahui kisah pemuda bernama Murtado ini. Dikisahkan kalau pemuda yang memiliki nama Murtado ini bisa dibilang jago bela diri dan merupakan sosok yang pemberani. Bila ada kejahatan di kampungnya yang bernama Kemayoran, biasanya Murtado ini akan muncul.

Jadi bisa dibilang kalau Murtado ini menjadi pelindung bagi kampung Kemayoran tersebut, karena bisa menghadapi para penjahat. Dan membuat kampung Kemayoran tersebut jadi lebih aman karena tidak ada yang berani melakukan kejahatan selama ada Murtado tersebut. Dan karena keberanian dan kemampuannya dalam bela diri yang tinggi, kemudian Murtado tadi akhirnya dijuluki sebagai macan kemayoran dari kampung Kemayoran. Dan julukan itu kemudian diberikan kepada tim Persija dengan harapan bisa menjadi kebanggaan juga bagi Jakarta.

Keberadaan Macan Di Jakarta

Memang cerita rakyat yang diperkirakan sebagai alasan penamaan julukan dari Persija itu adalah satu kisah yang menarik. Akan tetapi memang berdasarkan cerita yang beredar dan dokumen dari Belanda, sempat ada macan yang berkeliaran di Batavia. Dan akhirnya muncul pertanyaan yang sangat menarik para peneliti yakni adalah apakah memang benar kalau ada macan yang sempat berkeliaran di Jakarta. Dan mungkinkah memang macan itu yang menjadi alasan julukan untuk tim sepak bola Persija itu sampai sekarang ini.

Nampaknya isu yang beredar kalau di zaman dahulu ada macan yang berkeliaran di Batavia itu memang sebuah kebenaran. Batavia yang merupakan nama sebelum Jakarta itu sempat dihebohkan dengan berita yang sangat menggemparkan di tahun 1882. Bahwa pada tahun 1882 sempat ada laporan mengenai macan yang berkeliaran di hutan yang ada di seputar Batavia tersebut. Selain itu juga surat kabar Java-Bode itu pun melaporkan keberadaan macan, namun bukan di Kemayoran tapi di Tanjung Priok.

Pada saat itu ada pemburu binatang buas Simons yang merupakan aparat Belanda yang kemudian memburu binatang macan tersebut. Kemudian surat kaba Java-Bode pun kembali menuliskan kisah perburuan macan yang dilakukan oleh Simons tersebut. Dan akhirnya memang macan itu pun tertangkap oleh Simons dan berhasil menembak macan yang sangat meresahkan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *