Apa Sih Perbedaan Ikan Laut dan Ikan Air Tawar?

Ikan Makarel Fillet

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang diolah menjadi berbagai macam bentuk sajian. TaniHub tidak hanya menyediakan sayuran atau buah segar, berbagai produk laut lainnya juga tersedia. Sebelum membeli dan mengolah produk tersebut, ketahui terlebih dahulu perbedaan ikan air tawar dan laut. 

  1. Perbedaan Duri dan Rasa

Seperti namanya, ikan lautan hidup di perairan yang dipenuhi gelombang dan arus deras. Itu sebabnya, struktur duri yang dimiliki oleh mereka cenderung lebih keras dan kuat. Berbeda halnya dengan habitat ikan tawar yang hidup dan mencari makanan di perairan arus lambat. 

Karena itulah, duri yang dimiliki akan lebih kecil dan tidak sekuat ikan lautan. Sementara itu, dari segi rasa, banyak yang menganggap ikan lautlah, yang memiliki cita rasa gurih dan alami. Beberapa restoran juga menyajikannya dalam bentuk mentah. Selain dari lautan, perairan tawar juga menghasilkan ikan yang lezat untuk dijadikan santapan sehari-hari.

  1. Kandungan Gizi yang Tidak Jauh Berbeda

Masing-masing juga memiliki kandungan gizinya sendiri, hanya jumlahnya saja yang berbeda. Professor Insinyur Ahmad Sulaiman, selaku guru besar bidang keamanan dan gizi di fakultas ekologi Insitut Pertanian Bogor (ITB) menjelaskan mengenai hal tersebut. 

Kandungan nutrisi alami, seperti DHA atau EPA banyak dimiliki oleh ikan laut perairan dalam, seperti ikan tuna dan cakalang. Di sisi lain, ada nutrisi yang lebih banyak dimiliki oleh ikan air tawar, seperti halnya ikan patin yang banyak mengandung omega 3 dan omega 6. 

Selain itu, beberapa dari lainnya mengandung asam lemak yang tidak jenuh tunggal atau rendah. Singkatnya, kedua ikan dari perairan berbeda ini memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Kandungan yodium, selenium, zat besi, magnesium, serta omega 9 yang merupakan lemak tidak jenuh terbukti sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

  1. Makanan

Nutrisi yang terkandung dalam ikan juga dipengaruhi pada pakan yang dikonsumsi. Ikan laut biasanya akan mengkonsumsi pakan yang alami, seperti fitoplankton dan zooplankton, sedangkan ikan air tawar cenderung mengkonsumsi pelet atau pakan buatan. 

  1. Dampak Buruk dari Masing-Masing Habitat

Pemilihan kedua jenis ikan sekali lagi perlu untuk diperhatikan. Ikan air laut cenderung memiliki risiko besar terkena dampak buruk dari limbah pabrik dan tambang minyak. Ikan air tawar juga tidak jauh berbeda, habitatnya bisa tercemar oleh air irigasi dan zat-zat lain yang tidak layak untuk dikonsumsi. 

  1. Penyajian Ikan Air Laut dan Air Tawar yang Direkomendasikan

Omega 3 yang terkandung di dalam ikan laut akan berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan perkembangan otak. Nutrisi ini sangat baik bagi ibu hamil, untuk janin yang sedang berkembang serta bertumbuh. 

Cara penyajian ikan yang lezat tidak melulu harus digoreng. Berbagai jenis ikan bisa dibumbu kuning dan dipepes terlebih dahulu untuk menghasilkan cita rasa yang khas. Beberapa rumah makan biasanya menyajikan ikan dengan dibakar atau di-steam woku. Kandungan kedua jenis ikan akan tetap tinggi, tergantung pada cara pengolahannya.

Ingin mengkonsumsi ikan yang bernutrisi tinggi setiap hari? TaniHub menyediakan berbagai macam kebutuhan dapur, serta bahan pelengkap masakan. Semuanya bisa langsung masuk keranjang belanja, tanpa perlu repot harus berkendara dan menghampiri supermarket yang jaraknya jauh. Harga yang tercantum pada masing-masing produk dapat berkurang drastis, dengan banyaknya potongan harga menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *