Apa itu DanaMerdeka, Bedanya dengan Kerdivo?

Jika melihat rilis OJK tentang fintech yang terdaftar dan diawasi langsung, ada nama DanaMerdeka yang selalu terselip. Pertanyaannya apakah DanaMerdeka sama dengan fintech lainnya? Seperti apa perusahaannya dan bagaimana produknya?

Supaya lebih lengkap dan jelas, kita akan bahas dan ulas bersama DanaMerdeka mulai dari bunga, tenor cicilan, serta syarat dan pendaftarannya dibandingkan dengan Kredivo yang sudah lama dikenal sebagai penyedia kredit cepat tepercaya.

Bunga Kredivo vs DanaMerdeka

Kredivo saat ini bertransformasi menjadi perusahaan multifinance. Tidak ada yang berubah dari Kredivo sebenarnya, karena produk yang ditawarkan masih tetap sama, seperti pinjaman tunai, beli barang dengan metode cicilan hingga super App yang bisa digunakan untuk bayar berbagai tagihan serta pemesanan tiket pesawat.

Sebagai gambaran besarnya, bunga pinjaman yang ditawarkan oleh Kredivo untuk pinjaman tunai sebesar 2,6% ditambah dengan biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong dari jumlah pinjaman. Sementara untuk non pinjaman tunai, tidak dikenakan biaya admin sama sekali. 

Sementara itu, DanaMerdeka merupakan P2P lending yang tidak hanya memberikan pinjaman tetapi juga mewadahi bagi mereka yang ingin memberikan pendanaan kepada calon debitur. Tapi, sayangnya tidak disebutkan dengan jelas di situsnya tentang bunga pinjaman yang ditetapkan. Informasi yang disebutkan hanyalah bunga pinjaman DanaMerdeka sangat bersaing tergantung perkembangan pasar.

Sebagai pegangan, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) sudah menetapkan pagu standar bunga pinjaman maksimal 0,8% per hari. Tenor yang diizinkan dengan pagi tersebut maksimal 90 hari. Jadi, standar tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk melihat apakah fintech tersebut sudah sesuai dengan standar pada umumnya atau tidak.

Tenor dan limit pinjaman

Soal tenor, Kredivo memang memberikan perlakuan yang berbeda antara pinjaman tunai dan non pinjaman tunai. Untuk pinjaman tunai diberikan tenor 30 hari tanpa bunga atau 3 dan 6 bulan. Tenor tanpa bunga sama seperti paylater.

Untuk limit paylater, maksimal yang diberikan oleh Kredivo hanya Rp3 juta. Itupun akan berbeda-beda setiap memberinya. Sementara untuk pinjaman tunai bagi member premium, diberikan plafon maksimal sampai dengan Rp30 juta. 

Sementara di situsnya DanaMerdeka, tenor yang diberikan bervariasi mulai dari 14 hari sampai dengan maksimal 30 hari dengan jumlah dana yang bisa dipinjam mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp15 juta. 

Proses pendaftaran Kredivo vs DanaMerdeka

Meskipun hampir semua kredit cepat kini berbasis online, tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Bagi Kredivo, tetap harus ada penyaringan calon debitur, terutama dalam segi kondisi finansialnya terlebih dahulu.

Untuk mendaftar lewat Kredivo yang perlu dilakukan hanya mengunduh aplikasi resminya di App Store maupun Google Store. Kemudian setelah itu tinggal melakukan pendaftaran serta pengajuan pinjaman. Semua berjalan hanya lewat aplikasi saja.

Sedikit berbeda dengan DanaMerdeka yang masih menggunakan situs resminya untuk proses pendaftaran. Selain itu, dana pinjaman hanya dapat diberikan kepada peminjam terdaftar yang sudah memiliki usaha penjualan pulsa dan reseller yang terdaftar pada mitra yang sudah bekerja sama dengan DanaMerdeka. Jadi, kesimpulannya DanaMerdeka bersifat eksklusif hanya untuk kalangan tertentu saja.

Syarat pendaftaran Kredivo vs DanaMerdeka

Untuk Kredivo layanan tersebut hanya bisa dimanfaatkan oleh WNI berusia 18 sampai dengan 60 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. Selain itu, punya penghasilan paling tidak Rp3 juta per bulan barulah bisa mendaftar menjadi member di Kredivo.

Kesimpulannya, untuk DanaMerdeka diperuntukkan bagi para pelaku usaha pulsa yang sudah terdaftar saja. Sehingga tidak bisa dimanfaatkan secara umum seperti yang ditawarkan oleh Kredivo. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *