Kredivo vs Modal Antara, Cara Pinjam dan Suku Bunganya

https://lh5.googleusercontent.com/HcnB06wuVx6VvRuuxpYAvSWBSKhwHeiWBuUcqCYUsZzXqu63YDaykaLgDgCLBFFLb6VmBBVwru1rLgYxiHJf6Mtl6ZopzxIZsCLWKcY_8tLncMFSjSPyHUh83_Ej_LaJuhC1JNVu

Bagi yang sedang mencari kredit online cicilan bulanan bisa mempertimbangkan fitur pinjaman tunai dari Kredivo dan Modal Antara. Khusus untuk Kredivo, dapat digunakan untuk kebutuhan konsumtif dan produktif. Sementara untuk Modal Antara baru kebutuhan produktif saja seperti modal usaha.

Lalu apa saja ya perbedaan serta kelebihan yang ditawarkan masing-masing fintech ini? Artikel ini akan membahas secara ringkas tentang suku bunga, tenor, beserta dengan beberapa persyaratannya jika kamu tertarik dengan fitur dan produknya.

Kredivo dikenal sebagai solusi kredit instan yang memberikan kemudahan untuk membeli barang dengan tenor 30 hari tanpa bunga atau 3,6,dan 12 bulan dengan bunga 2,6% per bulan.

Modal Antara dikenal sebagai platform P2P lending yang mempertemukan pihak yang membutuhkan pinjaman dan investor dari masyarakat umum. Baik Kredivo dan Modal Antara sudah terdaftar dan diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bunga Kredivo vs Modal Antara

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bunga cicilan Kredivo cukup rendah, hanya 2.6% saja perbulan dan bersifat flat. 

Perbedaannya hanya pada produk yang dipilih. Untuk produk belanja dengan cara kredit tidak dikenai biaya admin, sedangkan untuk produk pinjaman tunai dikenai biaya admin sebesar enam persen yang dihitung dari total pinjaman, akan dipotong satu kali di muka. 

Misalnya jika pinjaman sebesar Rp1 juta maka potongan biaya adminnya sebesar Rp60.000 di muka. Jadi, kamu akan menerima uang Rp940 ribu. 

Sementara untuk Modal Antara mengenakan beberapa biaya seperti biaya transfer bank, biaya provisi dan biaya payment gateway.

Sementara untuk bunganya sendiri untuk pinjaman minimal Rp1 juta dikenakan sebesar 0.41% per hari atau 12.3% per bulan. Jika pinjaman sampai dengan Rp15 juta bunganya sebesar 0.07% per hari. Jadi, tinggi rendahnya bunga disesuaikan dengan besaran pinjaman.

Dari penjelasan tersebut bisa saja perhitungan bunga Modal Antara menjadi terlihat lebih rendah, akan tetapi jika digabungkan dengan biaya-biaya lainnya akan terlihat beban sebenarnya.

Syarat pinjaman Kredivo vs Modal Antara

Untuk Kredivo sendiri paling tidak, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Syaratnya adalah berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. Serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Sementara syarat pinjaman modal Antara tidak disebutkan secara spesifik kriterianya seperti apa, namun yang jelas semua WNI dapat mengajukan pinjaman hanya lewat website resminya. Saat ini modal antara belum menyediakan aplikasi untuk peminjam maupun pemodal. 

Pinjaman minimal yang diberikan modal Antara Rp1 juta dan maksimal hingga Rp50 juta. 

Sedangkan Kredivo memberikan pinjaman hingga Rp3 juta untuk member basic dan pinjaman hingga Rp30 juta untuk member premium

Keuntungan lain yang diberikan oleh Kredivo adalah layanan transaksi yang diberikan di lebih dari 1.000 merchant di seluruh Indonesia. Artinya tidak semata hanya memberikan fitur produk pinjaman semata. Transaksinya pun tidak hanya online saja, kini Kredivo bisa digunakan secara offline dengan metode scan QR Code atau menggunakan barcode seperti dompet digital lainnya. 

Contoh merchant yang sudah melayani secara offline seperti McD, Electronic City, Erafone, Best Denki bahkan IKEA untuk belanja furniture idaman. Jika tertarik dengan kelebihan yang diberikan oleh Kredivo, unduh aplikasinya secara resmi lewat Google Play Store atau App Store, Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *