4 Cara Aman Belanja di Online Shop

Product Image

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa aktivitas belanja online saat ini sedang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan di masyarakat. Ya, hal itu juga tidak terlepas dari banyaknya keunggulan dalam belanja online yang tidak dimiliki ketika belanja secara konvensional. Salah satu keunggulannya, yakni bisa membuat waktu lebih efisien dan praktis. Akan tetapi, tak sedikit juga para oknum yang memanfaatkan situs online shop ini untuk menipu para konsumen sebanyak mungkin. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa cara aman dalam belanja jam tangan wanita online. Biar lebih jelasnya lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.   

1. Perhatikan Situs Toko Online Yang Bersangkutan

Saat kamu hendak belanja secara online, usahakan untuk mencermati terlebih dulu situs web yang bersangkutan. Dalam hal ini, coba lihat apakah tampilan situs toko online tersebut memiliki desain yang profesional atau terihat asal-asalan? Perlu kalian ketahui, dimana situs online shop yang terpercaya pada umumnya akan membuat tampilan desain yang sangat menarik dan meyakinkan. Bahkan, untuk marketplace ternama dan terpercaya itu sudah dilengkapi dengan aplikasi khusus yang bisa kamu download di Playstore. 

Selain dari segi tampilan, kamu juga harus perhatikan apakah produk di toko online tersebut selalu update mulai dari stok, biaya pengiriman, perubahan harga, dan cek juga deskripsi produk apakah dibuat secara detail dan sesuai dengan produk. Jika perlu, cermati juga nama domain dari toko online tersebut apakah menggunakan domain berbayar atau hanya domain gratisan dengan nama alamat seperti blogspot.com.wordpress atau yang lainnya.

2. Cek Kelengkapan Informasi Toko Onlinenya

Tips kedua yang harus kamu lakukan, yaitu mencari informasi penjual atau pemilik toko di halaman toko online tersebut. Dengan kata lain, pastikan dulu apakah situs tersebut milik perusahaan atau milik individu. Dismaping itu, amati juga secara detail apakah mereka menyertakan kontak yang bisa dihubungi baik itu nomor telepon yang tertera, WA, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Agar leih meyakinkan lagi, kamu juga bisa mencari informasi seputar nomor rekening, alamat toko real atau kantor dari toko online yang bersangkutan. Jika tidak terdapat informasi seperti, sebaiknya kamu putar haluan untuk mencari toko online yang lainnya lagi. 

3. Amati Kebijakan Toko Online

Pada umumnya, situs toko online yang terpercaya itu pasti akan menerapkan kebijakan tertentu. Meski demikian, kamu juga tetap harus membacanya dengan teliti dan jangan sampai pada kebijakan itu ada beberapa poin yang merugikanmu. Tak hanya itu, lihat juga kebijakan tentang pengembalian barang. Soalnya, barang yang dibeli secara online itu tidak bisa kita cek secara fisik. Tentunya kebijakan tersebut harus tertera tulisan yang berkaitan dengan garansi, jika suatu saat barangnya tidak sesuai pesanan atau mengalami cacat. 

4. Lihat Keamanan Situs Web

Pada tips yang keempat ini, kamu harus lihat ikon berupa gambar gembok yang di bagian alaman situs di url browsermu. Sebelum kamu memasukkan informasi pribadi, cek dulu tanda gembok tersebut apakah ada atau tidak. Saat diminta untuk memasukkan informasi nomor kredit, maka lihatlah alamat situs web tersebut apakah berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Apabila kamu melihat alamatnya berubah menjadi https dan informasi pembayaran itu telah dienkripsi. Dengan kata lain, hal itu menandakan bahwa situs toko online tersebut sudah menggunakan Sertifikat SSL. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *