Jenis-jenis Obat Generik

Beberapa orang tidak paham mengenai khasiat obat-obatan yang dijual di apotek. Di apotek, Anda dapat menemukan berbagai jenis obat-obatan. Namun biasanya masyarakat kurang mengetahui mengenai khasiat dan efektivitas dari suatu obat. Efektif dan tidaknya obat tidak tergantung pada harganya.

Salah satu obat yang tersedia di apotek adalah obat generik. Obat generik merupakan obat yang terkenal karena harganya yang relatif lebih murah. Namun perlu Anda ketahui bahwa efektivitas obat generik juga sama dengan obat lainnya. Selain itu kandungan zatnya juga sama dengan obat lainnya. Terdapat dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerek dagang dan obat generik berlogo.

Obat Generik Berlogo

Obat generik berlogo atau biasa disebut OGB merupakan salah satu program pemerintah yang dikeluarkan pada tahun 1989 yang bertujuan untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan obat dengan harga terjangkau, kualitas bagus, serta sediaan obat yang cukup. OGB ini tidak memiliki harga promosi sehingga harganya sangat terjangkau.

Cara mengenali obat OGB adalah dengan melihat logo hijau bergaris-garis putih dengan tulisan “Generik” di bagian tengahnya. Makna dari logo tersebut adalah obat OGB ini telah lulus uji sehingga khasiat dan keamanannya dapat dijamin kualitasnya. Garis putih memiliki makna bahwa obat ini dapat digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Kualitas dari khasiat dan keamanan yang terjamin tentunya akan mengurangi kekhawatiran Anda apabila Anda diberi obat mual muntah terpercaya resep dokter generik berlogo.

Obat Generik Bermerk Dagang

Obat generik bermerk dagang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan obat generik berlogo. Hal yang membedakan hanya terdapat pada penamaan serta penambahan zat aktif yang dilakukan oleh perusahan farmasi yang mengeluarkan obat tersebut. Zat aktif dapat berupa suatu zat yang dapat menyamarkan bau menyengat khas obat-obatan.

Obat generik bermerk dagang memiliki harga lebih mahal daripada obat generik berlogo karena membutuhkan biaya produksi untuk membuat kemasan serta untuk biaya promosi. Sementara dari segi kualitas, obat generik bermerk dagang memiliki kualitas yang sama dengan obat generik berlogo. Salah satu contoh obat ini adalah obat untuk luka bekas operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *