Diare : Penyakit Familiar Yang Dianggap Sepele

Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar, dengan kondisi tinja yang encer. Diare merupakan salah satu penyakit yang sudah sangat familiar di Indonesia. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, itupun jika sudah akut. Namun pada sebagian kasus, diare dapat terjadi memanjang hingga berminggu-minggu. Pada umumnya, diare tidak terlalu berbahaya jika tidak terjadi dehidrasi. Namun, jika disertai dehidrasi, penyakit ini bisa menjadi fatal dan penderitanya perlu segera mendapat pertolongan medis.

Banyak hal yang dapat membuat seseorang terkena penyakit diare ini. Diantaranya adalah tubuh Anda yang terinfeksi bakteri yang dapat menyebabkan diare. Biasanya bakteri tersebut tersebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi serta terdapat kontak langsung dengan orang yang terinfeksi penyakit diare tersebut. Selain itu makanan yang diolah secara tidak higienis juga dapat menyebabkan Anda terkena diare. Atau bisa jadi Anda memakan makanan yang tubuh Anda sendiri tidak cocok dengan makanan tersebut, bisa terlalu pedas atau bisa pula terlalu asam.

Cara untuk mengurangi atau menyembuhkan penyakit diare ini juga sangatlah banyak, seperti yang bisa Anda lihat di website kesehatan. Agar diare Anda tidak menjadi semakin parah, perbanyaklah cairan di dalam tubuh Anda agar tidak terkena dehidrasi. Karena biasanya tubuh Anda akan kekurangan cairan dikarenakan banyaknya cairan yang keluar dari dalam tubuh saat buang air besar, karena kondisi tinja yang encer saat diare. Penuhi kebutuhan cairanmu dengan meminum air putih, air kelapa, atau oralit agar tubuh Anda tidak terkena dehidrasi. Kurangi pula makanan yang pedas dan asam, buah dan sayur yang mengandung gas, dan hindari mengonsumsi susu pada saat diare.

Namun, bila Anda sudah terkena diare akut yang sangat parah dan tidak berhenti selama seminggu atau lebih, segeralah konsultasikan ke dokter agar tidak bertambah parah di kemudian harinya. Bisa juga Anda mengonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter seperti di sumber : https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *