Tips Keuangan Miliarder Dunia, Dari Hidup Hemat Hingga Investasi


https://lh4.googleusercontent.com/buRBzPAiTsM1V4MYdugQ9orlEquW-pc79Q13qlMuBMoyGK5zOSGB_wkXEZUlb7zMDSUBnV8buflpC0xL2AjerJmxu4iqgV6SPTf6vKmsOzFxOBHANcUJCmPBd-McczVfvLV4f7H9

Siapa sih miliarder yang tidak punya utang sama sekali? Mereka yang memiliki kekayaan sampai tujuh turunan saja tetap pinjam dana ke bank demi mengembangkan bisnisnya.

Tetapi, ada beberapa nasihat penting yang bisa dipetik dari para miliarder dalam mengembangkan usahanya. Hal-hal ini terlihat sepele dan mungkin sudah pernah kamu ketahui, akan tetapi justru berhasil dilakukan oleh para miliarder dengan komitmen yang kuat.

1. Tidak Perlu Mahal, Fungsionalitas Lebih Utama

Percaya atau tidak, beberapa miliarder dunia tak pernah membeli barang-barang mahal. Mereka lebih menitikberatkan pada fungsi dan kegunaannya.

Bahkan untuk menu sarapan pun, miliarder sekelas Warren Buffett tetap sederhana. Sesuai fungsinya sebagai penambah energi di pagi hari, Warren Buffett memilih sarapan dua butir telur dan segelas susu di resto cepat saji dengan harga tidak lebih dari Rp50 ribuan.

Sangat berbeda dengan beberapa artis Indonesia yang kaya mendadak. Mereka secara impulsif langsung membelanjakan uangnya demi gaya hidup semata.  

2. Punya Dana Darurat

Miliarder selalu punya exit way ketika usahanya tiba-tiba melorot. Mereka sudah memperhitungkan apa yang perlu mereka lakukan untuk keluar dari keterpurukan termasuk menyiapkan dana darurat yang sangat penting saat dibutuhkan.

Alasan tersebut mengapa setiap orang membutuhkan dana darurat saat tidak memiliki penghasilan atau pendapatan. Dana darurat yang dibutuhkan setidaknya mencukupi kebutuhan dasar selama 6-12 bulan.

3. Punya Proteksi untuk Meminimalisasi Kerugian Finansial

Bagi para pekerja yang tidak proteksi, pasti selalu dihadapkan dengan berbagai risiko. Apalagi jika berwirausaha. Kamu justru yang harus melindungi karyawan atau pekerja kamu dengan asuransi minimal BPJS Kesehatan.

Dengan begitu, saat dibutuhkan, kamu tidak perlu mengeluarkan dana lebih besar ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diharapkan. 

4. Membayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Miliarder tidak pernah mengabaikan kewajibannya. Mereka selalu taat membayar tagihan bahkan sebelum jatuh temponya tiba. Kebiasaan ini merupakan komitmen mereka dalam keuangan.

Miliarder pun butuh pinjam dana untuk mengembangkan usahanya. Ada beberapa pos anggaran yang akan dimaksimalkan untuk melipatgandakan keuntungan tanpa melupakan kewajiban.

5. Pinjaman Bisa Dimaksimalkan untuk Melipatgandakan Keuntungan Usaha

Orang-orang yang punya intuisi bisnis pasti akan cepat dalam merespon setiap peluang yang ada. Untuk membangun bisnis memang tidak bisa dilakukan dalam semalam.

Oleh karena itu, saat ada peluang, mereka akan pinjam dana karena keuntungannya bisa berlipat ganda sehingga bisa melunasi dana pinjaman. Kejelian melihat peluang sangat penting karena tidak akan datang untuk kedua kalinya.

Itulah sebabnya, jika kita ingin mencontoh kebiasaan para miliarder, jangan hanya jadi followers yang mengikuti arus pasar. Namun, kita harus bisa mencari diferensiasi dengan melakukan keputusan yang tepat. Termasuk saat mengajukan pinjaman untuk modal usaha. 

Pilih dari lembaga keuangan yang memberikan kemudahan pinjaman secara instan dan bisa dilakukan secara online. Selektif dalam memilih perusahaan terutama yang sudah terdaftar di OJK seperti Kredivo.


Kredivo memberikan kredit limit hingga Rp30 juta yang dapat digunakan untuk belanja online maupun pinjaman modal usaha. Ada dua layanan pinjaman yaitu pinjaman mini dengan plafon mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp1 juta.

Selain itu, tersedia juga pinjaman jumbo dengan plafon mulai dari Rp1 juta hingga batas kredit limit yang diberikan. Bunga pinjaman Kredivo hanya 2,95% per bulan dengan biaya admin sebesar 6% per bulan.

Syaratnya pun tidak ribet. Punya penghasilan minimal Rp3 juta per bulan, sudah berusia minimal 18 tahun, serta berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. 

Daftar sekarang dengan mengunduh aplikasinya langsung lewat Google Play Store dan App Store. Nikmati kemudahan untuk mendapatkan persetujuan pinjam danadalam waktu kurang dari 24 jam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *