Inidia Objek Wisata Yang Menarik Di Cirebon Yang Bisa Anda Kunjungi

Hasil gambar untuk Taman Sari Gua Sunyaragi


Cirebon selain terkenal sebagai kota para wali, namun juga memiliki banyak sekali objek wisata yang patut diperhitungkan. Sehingga tidak aneh kalau Cirebon ini menjadi salah satu destinasi wisata yang pavorit di Jawa Barat. Baik itu wisata alam, wisata religi. Wisata budaya, dan lain sebagainya. Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang beberapa objek wisata menarik di Cirebon sebagai berikut :

1. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman yang memiliki deretan gua ini pada awalnya merupakan tempat meditasi bagi para pemuka kerajaan  atau prajurit keraton. Bahkan keaslian bangunan-bangunan batu kuno di tempat ini masih murni hingga saat ini. Para wisatan maupun warga setempat sering menjadikan tempat ini untuk foto selfie. Selain itu, Taman Sari Gua Sunyaragi ini juga sering dijadikan tempat pagelaran musik, sendratari, hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang digelar setiap setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini para pengelola juga telah meluncurkan wahana balon udara yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatan untuk berkunjung ke tempat ini. Taman Sari Gua Sunyaragi ini berlokasi di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Dan mulai beroperasi pada pukul 18.00-17.30 (setiap hari).

2. Keraton Kanoman

Tempat wisata lainnya yang tidak boleh anda lewatkan di Cirebon adalah Keraton Kanoman. Apalagi Keraton Kanoman ini merupakan destinasi wisata bersejarah di Cirebon yang tidak kalah populernya dari Keraton Kasepuhan. Walaupun sudah mengalami renovasi, namun Keraton Kanoman ini masih tetap mempertahankan dekorasi dan gaya arsitektur khas Jawa dan Tiongkok yang mengandung nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Di keraton ini anda bisa menemukan berbagai koleksi benda bersejarah seperti kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris, kerajinan keramik, dan lukisan. Keraton yang dibangun pada tahun 1678 ini, masih teguh memegang adat dan tradisinya hingga saat ini. 

Salah satu tradisi yang hingga kini masih dilestarikan adalah Ritual Panjang Jimat yang biasa diadakan setiap bulan Maulid. Acara ritual ini diawali dengan melakukan pencucian benda-benda pusaka milik Keraton Kanoman selama 40 hari yang akan dlanjutkan dengan prosesi arak-arakan benda pusaka dan gunungan hasil bumu dari pendopo Jinem menuju Masjid Keraton Kanoman. Acara ini digelar, selain memiliki filosofis tinggi, ritual ini juga bisa menjadi ajang syukuran bagi warga sekitar Keraton Kanoman. Jika anda ingin mengunjunginya, Keraton Kanoman ini buka setiap hari untuk wisatan pada pukul 09.00-17.00. Dan pengunjung diharuskan membayar tiket masuknya seharga Rp. 7.000.

3. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Perlu diketahui bahwa Taman Ade Irma Suryani (TAIS) ini dikenal sebagai taman hiburan anak pada dekade 90-an. Namun TAIS ini sempat terabaikan yang akhirnya disulap menjadi waterpark yang diberi nama Cirebon Waterland. Objek wisata yang dibuka pada tahun 2014 yang lalu ini, langsung menjadi salah satu destinasi wisata yang pavorit dan menjadi primadona di Cirebon. Hadirnya pondok Dusun ikonik seperti yang ada di Dusun Bambu Lembang dan restoran bergaya kapal laut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung dan melakukan selfie. Alamat Cirebon Waterland ini berada di Jalan Yos Sudarso 1, Lemahwungkuk, Cirbon. Dan jam operasinya mulai pukul 07.00-21.00 dengan harga tiket masuk Rp. 50.000, dan Rp. 65.000 untuk akhir pekan.

Supaya bisa mengunjungi objek-objek wisata diatas dengan aman dan nyaman, anda bisa rental mobil Cirebon yang ada disana atau melalui situs Misteraladin.com dengan harga yang terjangkau. Sehingga dengan demikian liburan anda di Pekanbaru Riau menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *