Keju Edam Dan Keju Lainnya Yang Mendunia Dari Belanda


Keju yang kita kenal sebagai panganan olahan dari susu ini banyak diminati di Indonesia bahkan di dunia. Selain rasanya yang gurih keju juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat seperti protein, kalsium dan lain-lain. Keju bisa sangat nikmat menjadi bahan utama kue ataupun dinikmati secara langsung. Keju keju yang mempunyai popularitas di dunia kuliner adalah keju yang berasal dari negeri kincir angin Belanda. Belanda memiliki beragam variasi kejuyang masing masing mempunyai cita rasa serta tekstur yang berbeda pada tiap jenisnya.

Misalnya keju edam yang memiliki cita rasa yang gurih serta tekstur yang lebut. Yang berbeda dengan jenis keju clove cheese, yang menggunakan tambahan bubuk jinten dalam proses pembuatannya. Sehingga mempunyai sensasi pedas pada keju ini. berbagai varian rasa serta tekstur yang berbeda ini bukan hany dipengaruhi oleh bahan pembuatannya saja, melainkan lamanya proses pematangan . berikut beberapa daftar keju populer asal Belanda.

Keju Leiden

Keju yang satu ini dibuat dengan adanya tambahan bubuk jinten, bahan dasar pembuatannya sendiri sama dengan keju keju yang lain yaitu dari susu krim. Keju ini memiliki bentuk  sama dengan keju gouda namun bedanya terletak pada kandungan lemaknya yang 30  persen sampai 40 persen jauh lebih renda daripada keju gouda. Keju leiden sangat cocok untuk dimasukan pada deretan menu untuk yang sedang diet

Keju gouda

Keju Goda mempunyai popularitas yang tinggi di dunia Khas Belanda. Keju ini terbuat dari lemak susu sapi yang cukup banyak, yakni sebesar 48 persen. Proses permentasi dari susu sapi menjadi keju gouda juga cukup memakan waktu , yakni sampai 3 bulan atau bisa lebih dari lima tahun. Semakin lama proses pematangan atau proses permentasi Keju gouda semakin mempunyai cita rasa yang kuat. Keju Gouda biasa disajikan bersama buah buahan  dan juga wine, juga kerap disajikan sebagai makanan penutup.

Keju Clove

Keju love atau keju cenggkeh sesuai namanya jenis keju dari belanda ini menyertaan cengkeh sebagai bahan pembuatannya. Karena bentuk cengkah yang secara sekilas memiliki bentuk seperti paku. Membuat keju yang satu ini memiliki julukan lain yaitu. Nagelkass yang diartikan sebagai keju paku dalam bahasa Belanda. Keju yang satu ini dikenal akan cita rasa yang pedas, sehingga tidak bisa dinikmati dalam jumlah besar, jadi disajikan dalam potongan kecil saja.

Goat Cheese

Goat cheese atau keju kambing. Seperti namanya keju ini dibuat dari perasan susu kambing, jika sebagian besar keju belanda dinuat dari keju sapi. Proses permentasi hingga matang nya pun untuk keju yang sat ini cukup singkat. Memiliki terkstur yang sangat creamy lembut serta meleleh di mulut  walaupun  Memiliki warna yang pucat.      

Keju Maasdam

Jenis keju ini memiliki lubang lubang yang besar pada daerah permukaan nya.  Melallui proses pematangan yang singkat selama 4 hingga 12 minggu. Keju ini mempunyai cita rasa yang manis dengan campuran rasa kacang yang cocok untuk isian sandwich dan salad.

Keju Edam

Terakhir adalah keju yang populer di belanda yaitu Keju edam yang mempunyai cirri khas dari bentuknya yang menyerupai bola serta pipih di sisinya. Mempunyai tekstur yang lembut serta rasa yang sangat gurih di lidah, dikarenakan bahanya dari 40 persen lemak susus skim. Di belanda keju edam  disajikan dengan beer agar cita rasa nya semakin menguat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *