Manager Investasi Terbaik Reksa Dana: Tugas dan Kewajiban


Salah satu orang yang mempunyai peran yang kritikal dalam sebuah investasi reksa dana biasa disebut dengan Manajer Investasi (MI). Tugas dari MI dalam reksa dana bukan hanya untuk menentukan bagaimana kinerja dari saham saja. Tapi, manager investasi juga mempunyai peranan yang penting untuk bisa memberikan kepastian tentang legalitas serta keamanan sebuah reksa dana.Tugas Manager Investasi Terbaik Reksa Dana

Oleh sebab itu, seorang manager investasi terbaik pasti memahami tugas dan kewajiban mereka. Manajer Investasi atau MI merupakan pihak (bisa perusahaan ataupun perorangan) yang diberi wewenang untuk mengelola  sebuah aset investor, salah satunya adalah reksa dana.

Nantinya MI memiliki tugas untuk memilih serta memutuskan mana saja saham, deposito, obligasi atau surat berharga yang nantinya akan dibeli. Jadi, seorang investor dari reksa dana akan menyerahkan semuanya secara penuh kepada Manajer Investasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan semua keputusan investasi. Oleh sebab itu, kinerja dari sebuah reksa dana akan  sangat dipengaruhi oleh kepiawaian dari manager investasi untuk meracik maupun mengolah sebuah portfolio investasi.

Kewajiban Manager Investasi Terbaik Reksa Dana

Kewajiban dari para manager investasi adalah untuk menghitung dan melaporkan mengenai berapakah nilai investasi reksa dana yang terdapat dalam bursa setiap harinya kepada investor. Hal ini harus  dilakukan setiap hari, karena nilai bursa setiap harinya akan berbeda.

Sehingga investor harus setiap saat mengetahui berapakah posisi nilai investasi dalam reksa dana. Manager investasi memang diharuskan untuk menghitung dengan cara yang sudah disepakati supaya mendapatkan hasil perhitungan yang akurat serta adil.

Dengan terdapatnya laporan ini, seorang investor diharuskan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja dari reksa dana. Mengenai masalah bayaran, seorang manager investasi dihitung dari prosentase sebuah aset yang telah dikelola serta dicantumkan dengan terbuka pada sebuah prospektus beli reksadana yang benar. Demikianlah beberapa ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai tugas dan juga kewajiban dari manager investasi. Jadi anda bisa dengan jelas mengetahui bagaimana kriteria dari mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *