Toko Outdoor, Pusatnya Peralatan Outdoor Penting untuk Aktivitas Pendakian


Salah satu aktivitas ekstrim yang banyak disukai kalangan anak muda saat ini adalah mendaki gunung. Dengan mendaki gunung, maka Anda akan bisa merasakan sensasi yang baru dalam hal berakrab bersama alam. Anda juga akan belajar untuk bisa mendekat ke alam, menghargai alam dan mengagumi ciptaan Tuhan. Mengingat mendaki gunung merupakan aktivitas yang cukup ekstrim, maka peralatan yang dibutuhkan pun juga harus lengkap. Kini Anda bisa mendapatkan semua peralatan pendakian tersebut di toko outdoor baik online maupun offline.

Ada banyak sekali peralatan yang harus Anda persiapkan sebelum mendaki gunung. Meski banyak, namun jangan juga terlalu berlebihan dalam membawa karena hanya akan membebankan Anda di perjalanan karena terlalu berat dan banyaknya barang yang dibawa. Pada dasarnya, ada 25 alat yang disarankan untuk dibawa ketika pendakian gunung. Namun untuk yang terpenting, Berikut ini ada 7 alat yang paling tidak harus dibawa, antara lain:

  • Senter atau headlamp

Kondisi gunung tentu sangat berbeda dengan kondisi di perkotaan. Kondisi gunung sangatlah gelap, apalagi jika pendakian yang Anda lakukan malam hari. Bahkan para pendaki yang sudah ahli pun akan sangat membutuhkan senter sebagai penerang utama ketika pendakian. Dengan senter, maka keselamatan Anda akan bisa lebih terjamin karena pandangan mata yang jelas.

  • GPS

Beberapa pendaki yang kerap hilang atau tersesat adalah lantaran tidak memiliki GPS. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda juga membawa GPS khusus yang telah dilengkapi berbagai indikator mulai dari barometer, altimeter, kompas hingga thermometer. Ada juga GPS yang bisa mendeteksi detak jantung dan Anda bisa mendapatkannya di toko outdoor langganan Anda.

  • Peta

Peta juga penting untuk menjadi alat bantu dalam menunjukkan arah. Berbeda dengan GPS, peta tidak butuh sumber energi dan penyimpanannya pun bisa lebih mudah karena cukup dimasukkan dalam saku celana. Meski Anda sudah hafal daerah pendakian, namun jangan lupakan membawa peta.

  • Ponsel

Alat komunikasi akan dibutuhkan antar anggota pendakian. Anda bisa membawa ponsel sebagai alat komunikasinya. Namun jika memungkinkan, maka milikilah ponsel yang khusus untuk keperluan outdoor.

  • Kamera action

Pengalaman tentunya harus diabadikan. Oleh karena itu, jangan sampai melupakan membawa kamera action andalan. Abadikan setiap momen spesial baik dengan foto atau video sehingga bisa jadi kenangan selamanya.

  • Obat dan survival kit

Alat untuk bertahan hidup ini ada banyak sekali macamnya mulai dari pisau, korek api, benang, jarum, tali pancing dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga obat khusus yang biasa Anda konsumsi sebagai jaga-jaga.

  • Kantong tidur

Perjalanan pendakian pasti melelahkan. Anda butuh tempat tidur yang bisa menjadi alas selama Anda tidur dengan nyaman untuk beristirahat. Kantong tidur sangat direkomendasikan karena mampu disimpan dengan mudah dan dipergunakan secara praktis.

Itulah beberapa peralatan outdoor yang wajib dibawa ketika Anda berencana untuk melakukan pendakian gunung yang bisa Anda dapatkan di toko outdoor sekitaran Anda. Ada baiknya jika pendakian dilakukan secara berkelompok minimal 5 orang sehingga bisa saling menjaga satu sama lain jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Pilih juga ketua regu yang mengerti lokasi dengan jelas dan dapat bertanggung jawab atas seluruh aktivitas pendakian sehingga seluruh rangkaian acara mendaki aman dan terkendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *