Rajin Belanja Online Tetapi Tetap Hemat, Berikut 5 Tips dan Triknya

Berbelanja online memang identik dengan sikap konsumtif. Namun, ternyata ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar belanja online mendatangkan keuntungan. Bagaimana cara agar seseorang yang rajin shoping bisa tetap merawat kantong yang tebal? Berikut 5 tips dan triknya.

  • Manfaatkan Promo Belanja

Promo belanja tidak datang setiap saat. Oleh karena itu, sangat perlu bagi konsumen untuk memanfaatkan promo belanja. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa tidak semua promo belanja bermanfaat bagi konsumen. Ada beberapa toko online tidak jujur yang memahalkan harga sebelum didiskon. Akhirnya, malah harga tersebut sama atau lebih tinggi dari harga aslinya.

  • Membandingkan Harga

Dengan semakin menjamurnya bisnis online, konsumen juga harus semakin teliti dalam membandingkan harga. Jangan menggunakan satu referensi saja. Gunakan setidaknya 3 pertimbangan agar bisa diperoleh harga atas, haga bawah dan harga tengah. Ambil online shop yang harganya cukup miring dengan kualitas yang sama. Jangan terperdaya atas online shop yang menawarkan harga terlalu murah karena kualitas dan kejujurannya perlu dipertanyakan.

  • Menerima Titipan

Kadang ada beberapa teman di grup yang sibuk dan tidak sempat membeli keperluan belanjanya. Nah, jenis teman yang seperti ini bisa dimanfaatkan untuk kerjasama. Konsumen bisa menerima titipan belanjaan yang sedang promo. Tinggal memantau dan pastikan harganya miring, maka akan banyak yang menitip. Bahkan bisa jadi saat membeli dalam jumlah banyak aka nada potongan tambahan.

Baca Juga : Cara Hack Android Tanpa Root, Buat Ia Makin Canggih

  • Tetap Selektif

Selektif dalam hal ini adalah tidak bersikap “lapar mata”. Kendalikan diri dengan membuat skala prioritas serta daftar kebutuhan. Meskipun sedang promo, barang yang tidak dibutuhkan jangan dibeli. Karena awal mula sikap konsumtif para pembeli online shop adalah membeli barang yang tidak diperlukan.

  • Memilih Produk Dalam Negeri

Dibandingkan dengan produk impor, produk dalam negeri pasti memiliki harga lebih terjangkau. Selain itu, konsumen juga bisa melakukan negosiasi. Umumnya harga produk impor tidak bisa dinego karena harga sudah fix sesuai SOP perusahaan. Akan lebih baik jika memilih produk home industry yang berkualitas. Selain pengerjaan lebih teliti, membeli produk tersebut berarti juga membantu perekonomian banyak keluarga.

Itulah tadi 5 tips dan trik agar bisa tetap rajin belanja di online shop tetapi terhindar dari sikap konsumtif. Selama setiap orang tahu kapasitasnya, maka uang tidak akan sampai terkuras habis. Hindari pula kebiasaan berhutang agar hidup menjadi lebih tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *