Tutorial Belajar HTML Dasar Untuk Pemula Bag. 3

Memahami Tag HTML

Tag Adalah Embedded Command dalam dokumen HTML. Dengan menempatkan suatu tag secara tepat, anda memberitahu web browser apa yang akan ditampilkan dan bagaimana menampilkannya. Tag hadir dalam bentuk berpasangan, tag pembuka <tag> dan diikuti oleh tag penutup </tag>,
meskipun dalam penggunaannya ada tag yang dapat digunakan secara tunggal.
Tag sendiri tidak bersifat case-sensitive, namun sebaiknya sebagai pengembang web sangat dianjurkan anda menggunakan huruf kecil untuk nama tag agar lebih mudah memahami dokumen web nantinya. Selain itu, pada dokumen XHTML dan Dynamic HTML, penggunaan huruf kecil merupakan keharusan. Sekali lagi, pastikan tag ditulis berpasangan, jika tidak mungkin saja web browser akan menampilkan halaman tidak sesuai harapan.

Tag Heading

HTML menyediakan heading yang dapat digunakan untuk membuat judul atau sub juduldari suatu halaman, diwakili oleh tag <hx>, dimana x adalah nomor heading. Nomor heading mempunyai nilai 1 sampai 6, heading bernilai 1 memberikan judul palin besar dan heading bernilai 6 menampilkan sub judul paling kecil. Kode berikut memperlihatkan penggunaan heading :
<body>
   <h1>Heading</h1>
   <h2>Merupakan</h2>
   <h3>Cara</h3>
   <h4>Mudah</h4>
   <h5>Membuat</h5>
   <h6>Judu dan sub judul</h6>
</body>
Gambar di bawah ini merupakan tampilan dari kode diatas, perhatikan berapa besar perbedaan satu heading dengan heading lainnya. Heading mana yang akan digunakan sangat tergantung pada kebutuhan. Anda tentu akan jarang sekali menggunakan <h1> sebagai sub judul

Atribut

Atribut dapat ditambahkan ke dalam sebagian besar tag dan digunakan untuk menformat tag mengikuti kaidah tertentu. Anda dapat men justify paragraf, meletakkan heading ditengah dan sebagainya berikut ini beberapa atribut yang dapat ditempatkan didalam banyak tag html dan sering digunakan :
Atribut = “Nilai”
Align = “Center”,”Left”,”Right”,”Justify”
valign – “Top”,”Middle”,”Bottom”
Atribut ditempatkan langsung setelah tag pembuka didalam tanda lebih kecil < dan lebih besar >, bukan diantara pembuka dan penutup tag. Atribut memberikan beberapa style dan format terhadap tag. Cara memformat dokumen web paling efektif adalah menggunakan Cascading Style Sheet (CSS)  yang dipadukan dengan HTML murni. Anda akan mempelajari CSS pada artikel lain blog ini.
Contoh berikut menunjukkan cara menggunakan atribut align milik tag <h1>
<h1 align=”center”> Heading diletakkan di tengah </h1>
Hasil yang diperoleh adalah tampilnya teks “Heading diletakkan ditengah” tepat ditengah halaman web secara horizontal.

 Tag Paragraf <p>

Tag <p> digunakan untuk mendefinisikan paragraf. Tag paragraf akan menambahkan satu baris kosong sebelum baris pertama dan setelah baris terakhir paragraf.
Kode HTML berikut membuat dua paragraf halaman web :
<p>MySQL, sampai saat ini adalah database server dengan performance tercepat, sayangnya fitur fitur database modern belum hadir di sini. </p>
<p>MySQL dapat diperoleh dari http://mysql.com.</p>
Lihatlah hasil dari kode html diatas dan simpulkanlah sendiri fungsi dari masing masing tag !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *