Tutorial Belajar HTML Dasar Untuk Pemula Bag. 2

Elemen HTML

    Suatu elemen terdiri dari 3 bagian dasar, yaitu tag pembuka, isi dari elemen dan terakhir tag penutup. Sebagai contoh, tag <p> yang digunakan untuk membuat paragraf baru.
  • <p> – Tag pembuka paragraf
  • Isi elemen – Isi atau teks dari paragraf
  • </p> – Tag penutup
Setiap halaman web sebaiknya mempunyai minimal 4 elemen utama, yaitu html, head, title, dan body.

Elemen <html>

Tag <html> memulai dan diakhiri setiap halaman web. Perang utama <html> adalah membungkus semua kode HTML. Tag <html> diletakkan pada bagian paling atas file halaman web, mempunyai penutup </html> yang diletakkan di bagian paling bawah file. Tag ini tidak boleh dilupakan saat menulit kode HTML.
Sebagai contoh, tulis dua baris teks berikut menggunakan text editor kesukaan anda dan simpan hasilnya dengan nama 01.html – file file halaman web umumnya berekstensi .html atau .htm karena dua ekstensi inilah yang dikenal dengan baik oleh web browser.
<hml>
</html>
Berikutnya, buka file tersebut menggunakan Web browser. Apa yang diperoleh? Anda tidak melihat teks apapun, tidak pula teks <html>   </html>, hanya halaman web kosong. Web browser mengetahui bahwa tag <html> digunakan untuk menunjukkan bahwa file yang dibuka adalah file HTML. Ini berlaku terhadap tag lain, teks tag tidak tampil tetapi tag mengubah dan mempengaruhi perilaku dari browser.

Elemen <head>

Secara garis besarhaliman web  (HTML) terdiri dari dua bagian, yaitu bagian head yang merupakan header halaman dan body sebagai isinya. Elemen <head> diletakkan antara elemen <html> dan isi dari halaman web. Elemen ini berfungsi di belakang layar, apa yang dikerjakannya tidak terlihat pada halaman web. Tag tag yang diletakkan didalam elemen head memang tidak berfungsi menampilkan sesuatu pada web browser. Anda dapat menempatkan elemen <title> didalam head yang hasilnya langsung terlihat di title bar web browser.
Berikut ini adalah contoh halaman web yang hanya mempunyai bagian header dan saat dibuka dengan web browser tidak menampilkan apapun kecuali pada title bar tertulis “Situs Pribadi Saya” :
<html>
<head>
<title>Situr pribadi Saya</title>
</head>
</html>

Elemen <title>

Tag ini harus diletakkan di dalam elemen <head> untuk memberikan judul dari halaman web. Teks yang dijadikan judul di tulis di antara <title> dan </title>

Elemen <body>

Elemen <body> adalah tempat dimana semua isi dari halaman diletakkan. Isi halaman dapat berupa teks, gambar, suara, tabel bahkan video. Berikut ini adalah contoh halaman web yang mempunyai 4 tag yang telah dibahas.
<html>
<head>
   <title>Situs Pribadi Saya</title>
</head>
<body>
   Semua isi halaman web diletakkan di sini ! 
</body>
</html>
Dengan 4 elemen tersebut, ada sekarang dapat membuat dokumen HTML sederhana dan menuliskan sesuatu sebagai isi halaman web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *