Khalifah Abu Bakar Menjadi Pelayan Nenek Buta | Cerita Islami

           
           Suatu hari, Umar bin khattab mengamati Abu Bakar As-Sidiq di waktu fajar. Sesuatu telah menarik perhatian ukar. Saat itu, Abu Bakar ke pinggiran kota Madinah setelah salat Subuh. Abu Bakar mendatangi sebuah gubuk kecil untuk beberapa saat, lalu pulang kembali kerumahnya. Umar tidak mengetahui apa yang ada di dalam gubuk itu dan apa yang dilakukan oleh Abu Bakar di sana. Umar mengetahui seluruh kebaikan yang dilakukan oleh Abu Bakar, kecuali tentang gubuk itu.
           
           Hari hari terus bejalan. Abu Bakar As-Sidiq tetap mengunjungi gubuk kecil itu dan ukar tetap belum mengetahui apa yang dilakukan oleh Abu Bakar di sana. Akhirnya, Umar memutuskan masuk ke dalam gubuk itu sesaat setelah Abu Bakar meninggalkannya. Umar ingin melihat apa yang ada didalam gubuk itu dengan matanya sendiri. Dia ingin mengetahui apa yang dilakukan oleh sahabarnya di situ.
          Ketika Umar masuk kedalam gubuk kecil itu, ia mendapatkan seorang nenek tua yang lemah yang tidak bisa bergerak lagi dan buta kedua matanya. Tidak ada sesuatu pun di dalam gubuk kecil itu. Umar tercengang melihat hal tersebut dan ingin mengetahui hubungan antara nenek tua itu dan Abu Bakar.
          Umar bertanya, “Apa yang dilakukan laki-laki itu (Abu Bakar) disini?”
          Nenek tua itu menjawab, “Demi Allah swt., aku tidak mengenalnya, wahai anakku. Setiap pagi dia dayang, membersihkan rumahku ini dan menyapunya. Dia menyiapkan makan untukku.
kemudian dia pergi tanpa berbicara apa pun denganku.”
         
            Umar bersimpuh, kedua matanya basah oleh air mata. Kemudian ia mengucapkan kalimat yang mahsyur, “Wahai Abu Bakar, sungguh engkau telah membuat lelah para khalifah sesudahmu.” Maksudnya, khalifah berikutnya harus bekerja keras agar mampu menandingi kualitas kekhalifahan Abu Bakar.

Sekian cerita islami semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *