Tutorial Belajar HTML Dasar Untuk Pemula Bag. 1

Dasar Belajar html – HTTP (Hypertext Transfer Protokol) meupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server ke web browser. Protocol ini mentransfer dokument dokumet web yang ditulis atau berformat HTML (Hypertext Markup Language). Dikatakan markup language karea HTML berfungsi untuk memperindah file teks biasa untuk ditampilkan pada program web browser hal ini dilakukan dengan menambahkan elemen atau sering disebut sebagai tag tag pada file teks biasa tersebut.

Pembuatan suatu dokumen HTML merupakan pekerjaan mudah, meskipun begitu persiapan yang baik tentu akan memberikan hasil yang baik pula. Sebelum memulai penulisan baris baris kode HTML pastikan anda mempunyai dua software berikut :
– Text Editor sederhana. Semua sistem operasi telah menyediakan tool ini. Di windows anda dapat menggunakan notepad sedangkan di linux tersedia gEdit, mcedit, pico, dan vi.
– Web Browser untuk menampilkan dokumen web yang dibuat. Di windows tersedia windows explorer, Opera, dan Firefox dan linux anda dapat menggunakan Firefox dan conqueror.

 Saat ini dikenal HTML5 yang menawarkan berbagai fitur menarik yang tidak didukung oleh html sebelumnya. Beberapa fitur yang tersedia pada html5 antara lain sebagai berikut.

  • Canvas. Memungkinkan pembuatan gambar dalam kanvas, jadi gambar tidak lagi diambil dari gambar utuh melainkan bisa disusun sendiri baik menggunakan program paint
  • Header. Berguna untuk menyatakan suatu judul yang bisa diisi dengan elemen logo dan nama perusahaan
  • footer. Merupakan kebalikan dari header. sebagai catatan kaki , elemen ini berguna untuk menaruh informasi di bagian bawah halaman web
  • time. elemen ini berguna untuk menyajikan informasi tentang waktu
  • audio. Memungkin penyajian player untuk memutar suara
  • video. memungkinkan player untuk memainkan film

 Secara prinsip, fitur pada html dapat dikelompokkan ke dalam :

  • Struktur halaman
  • peresentasi visual
  • peranti penyaji gambar
  • pendukung media
  • peningkatan koneksi dengan javascript

 Tag html biasanya berupa tag tag yang berpasangan dan ditandai dengan symbol lebih besar (<) dan (>). Pasangan dari sebuah tag ditandai dengan symbol garis miring (/). Misalnya pasangan dari tag <contoh> adalah</contoh>. dalam hal ini <contoh> kita sebut sebagai elemen dan biasanya dalam suatu elemen terdapat atribut atribut untuk mengatur elemen itu. JAdi misalnya elemen <contoh> bila ditulis dengan atributnya adalah sebagai berikut :

<contoh atribut1=”nilai_atribut1″ atribut2=”nilai_atribut2″>
 Dalam penulisan tag html tidaklah case sensitif artinya pengguna huruf kecil ataupun capital tidaklah menjadi masalah.

Sampai disini saja pembahasan Dasar belajar hmtl untuk kali ini silahkan anda tunggu lanjutan untuk artikel ini yaitu tentang struktur dasar dokument html, disana kita akan mulai belajar membuat script html untuk menampilkan text ke dalam website kita.

Semoga anda memahami dasar belajar html untuk kali ini semoga artikel kali ini yang berjudul dasar belajar html bermanfaat untuk anda!

keyword: dasar belajar html, tutorial belajar html, belajar html untuk pemula, tutorial belajar html untuk pemula, belajar html, belajar html untuk pemula, pembahasan dasar html, dasar html, pemula 

2 thoughts on “Tutorial Belajar HTML Dasar Untuk Pemula Bag. 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *