Topologi jaringan komputer

Topologi jaringan komputer – Topologi merupakan susunan lintasan aliran data dalam sebuah jaringan yang secara fisik dapat menghubungkan simpul yang satu dengan simpul yang lain. Jenis topologi yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan di antaranya adalah topologi star, topologi tree (hierarki), topologi bus, dan topologi ring.

Jaringan komputer merupakan jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dan membentuk sebuah jaringan.

1) Topologi Star (Bintang)
     Pada topologi jaringan komputer star, masing masing simpul (node) melakukan komunikasi secara langsung dengan stasiun lain melalui simpul pusat, yaitu hub atau switch. Lalu lintas data mengalir dari simpul pusat dan langsung diteruskan ke simpul simpul tujuan.
 Salah satu kelebihan topologi jaringan komputer bintang adalah jika salah atu segmen kabel terputus, maka jaringan yang lain tidak terpengaruhi. kelebihannya yang lain adalah sebagai berikut :

   a) Dapat menerima tambahan stasiun baru apabila slot pada simpul pusat ( hub,switch ) masih tersedia.
   b) Proses akses lebih cepat dari satu stasiun ke stasiun yang lain
   
   c) Switch atau hub dapat disusun secara seri untuk menambah jumlah stasiun baru. Dalam hal ini, Switch berfungsi sebagai konsentrator.
   d) Pengguna yang  terhubung dengan jaringan lebih banyak dibandingkan topologi bus dan ring
    
Sementara tu, kelemahan penggunaan topologi jaringan komputer star adalah sebagai berikut : 
    a) Apabila lalu lintas jaringan cukup tinggi, maka secara otomatis terjadi collision atau penumpukan banyak data sehingga terjadi penundaan komunikasi.
    b) Koneksi dilakukan secara acak sehingga jika terjadi peningkatan lalu lintas jaringan, maka hub atau switch akan mendeteksi jalur yang tidak digunakan oleh simpul yang lain.
2) Topologi Bus
       Pada topologi jaringan komputer bus, semua simpul terhubung ke kabel pusat yang kedua ujungnya ditutup oleh terminator. Tabrakan data pada model topologi tersebut terjadi lebih besar. Kelebihan menggunakan topologi tersebut adalah lebih murah karena tidak terlalu banyak menggunakan kabel, setiap komputer dapat terhubung secara langsung. Sementara itu, kerugian topologi tersebut adalah sering terjadi cross talk atau “hang” yang disebabkan setiap komputer memakai jalur yang sama
3) Topologi Tree (Hierarki)
    Pada topologi jaringan komputer hierarki, tidak semua stasiun memiliki kedudukan yang sama. Setiap stasiun yang tingkatannya lebih tinggi akan menguasai stasiun yang ada dibawahnya sehingga jaringan sangat bergantung pada tingkatan yang lebih tinggi.
4) Topologi Ring (Cincin)
    Topologi jaringan komputer cicin berbentuk lingkaran tertutup, terdiri atas simpul simpul yang saling terhubung dan mempunyai sinyal dua arah. Oleh karena mempunyai sinyal dua arah, maka tabrakan data dapat terhindari. Setiap data yang ditransfer diberikan alamat komputer yangdituju. Kelebihan menggunakan topologi cicin adalah kegagalan koneksi dapat teratasi karena proses koneksi melalui jalur yang berbeda. Sementara itu, kelemahannya adalah proses transfer data berlangsung lambat karena kemungkinan melalui beberapa komputer. 
Topologi Jaringan komputer seperti itulah artikel kali ini.

keyword : topologi jaringan komputer, jaringan komputer, topologi , pengertian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *