Sistem koneksi antar komputer

Sistem koneksi antar komputer – komputer komputer ataupun perangkat keras lain yang menyusun suatu jaringan disebut juga simpul atau node. Sistem koneksi antar simpul jaringan ada dua tipe, yaitu peer to peer dan client server. Pemilihan suatu sistem koneksi jaringan bergantung pada faktor faktor, misalnya ukuran organisasi/intitusi/perusahaan, tingkat keamanan, jenis usaha yang akan dikelola, jenis dan tingkat administrasi yang didukung, lalu lintas jaringan, kebutuhan pengguna, dan besar modal atau dana yang digunakan untuk mengimplementasikan jaringan tersebut.


A. Model Jaringan Peer to Peer

         Jaringan peer to peer adalah jaringan yang pertukaran datanya dapat dilakukan minimal di antara dua komputer dalam suatu area kerja yang semua komputernya memiliki fungsi yang sama. Semua komputer pada jaringan tersebut bertindak sebagai server maupun klien sekaligus dan masing masing pengguna (user) bertindak sebagai administrator.

    Jaringan peer to peer yang dirancang untuk dua komputer menggunakan kabel jaringan tipe cross-over. Apabila jaringan dalam suatu area terdapat 3-10 komputer dan dihubungkan dengan hub (switch), maka jaringan yang demikian disebut workgroups. Jenis kabel yang digunakan dalam workgroups adalah kabel straight. Sistem operasi yang digunakan untuk workgroups peer to peer, antara lain, microsoft 2000 profesional, microsoft windows me, microsoft windows NT workstation, windows 98, windows xp, dan windows 7 tanpa instalasi perangkat lunak tambahan.


B. Model jaringan Client Server

      Model jaringan client server terdiri dari dua bagian, yaitu klien dan server. klien merupakan komputer yang melakukan permintaan sumber daya, sedangkan server berarti komputer yang menyediakan sumber daya dan memproses sesuai dengan permintaan klien. Bagian klien hanya dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server berdasarkan hak akses yang diberikan oleh administrator jaringan.

   Pada model jaringan client server, aplikasi yang dijalankan pada sisi klien berupa aplikasi yang terpasang pada server maupun pada klien yang hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi dengan server.

seperti itulah Sistem koneksi antar Komputer!

Sekian artikel sistem koneksi antar komputer ! semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *