pengertian pencemaran lingkungan

Pencemaran Lingkungan

     Pencemaran Lingkungan –  siapasih yang tidak tau pencemaran lingkungan, pencemaran lingkungan ya lingkungan yang tercepat karena aktifitas manusia maupun hal lainnya. pencemaran lingkungan sangatlah tidak bagus untuk kehidupan manusia karena membuat polusi udara ataupun lainnya. pencemaran lingkungan harus diatasi agar bumi menjadi lebih baik dan tidak hancur. pencemaran lingkungan telah menjadi masalah bagi para manusia dibumi ini, maka dari itu jangan lah membuat lingkungan tercepar.

                                                      
                                                           Pencemaran lingkungan

     Pencemaran Lingkungan – Pencemaran lingkungan didefinisikan sebagai pengotoran atau polusi lingkungan yang disebabkan karena masuknya bahan atau zat asing (polutan) dalam jumlah yang berlebihan. Akibatnya,terjadi penurunan kualitas lingkungan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Adapun polutan adalah zat yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran. Terjadinya pencemaran dapat menyebabkan perubahan lingkungan, baik lingkungan fisik, kimiawi, maupun biologis, penurunan kualitas lingkungan akibat pencemaran diantaranya dapat dilihatdari terganggunya pertumbuhan, menurunnya kemampuan reproduksi, bahkan pada akhirnya memungkinkan terjadinya kematian pada organisme yang hidup di lingkungan tersebut.

                                              pengertian pencemaran lingkungan

                          Pencemaran Lingkungan – Pencemaran dapat disebabkan oleh polutan yang berupa zat padat, zat cair, atau gas. Pencemaran berdasarkan tempat terjadinya dibedakan menjadi pencemaran air, pencemaran udara dan pencemaran tanah. Terjadinya pencemaran dapat ditentukan melalui analis kimia atau dengan menentukan indeks pencemaran biologis.

Terdapat dua tipe bahan pencemar, yaitu pencemar yang terdegradasi dan pencemar yang tidak terdegradasi.

1. Pencemar yang terdegradasi

   Pencemar yang terdegradasi ini mempunyai struktur kimnia yang sederhana sehingga dapat dirombak atau dihancurkan secara alami maupun  melalui bantuan manusia. Pencemar yang terdegradasi ini dapat dibedakan menjadi pencemar yang dapat terdegradasi atau dapat dihancurkan dengan cepat dan pencemar yang dapat dihancurkan dengan lambar. Pencemar yang dapat dihancurkan dengan cepat, misalnya limbah berupa sisa sisa tanaman pertanian dan perkebunan, limbah kotoran manusia, dan kotoran hewan. Adapun pencemar yang dapat dihancurkan, tetapi terjadi secara lambat atau memerlukan waktu yang sangat lama, contohnya adalah limbah radioaktif dan DDT.
                                                   pengertian pencemaran lingkungan

   Radioaktif stronsium-90 yang dihasilkan dari ledakan bom nuklir masih berbahaya dalam beberapa dekade. Bahkan plutonium yang dihasilkan dari aktifitas aktifitas nuklir masih berbahaya hingga ratusan bahkan ribuan tahun. DDT setelah 4 tahun baru dapat diuraikan sebanyak 25%nya. Mengingat lamanya waktu penghancuran pencemar terdegradasi secara lambat maka limbah tersebut tidak boleh dibuang ke lingkungan tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu.
                                             
                                     pengertian pencemaran lingkungan

2. Pencemar yang tidak terdegradasi

    Pencemar yang tidak terdegradasi ini merupakan pencemar yang tidak dapat dihancurkan atau dirombak secara alami. Contoh pencemar yang tidak terdegradasi diantaranya adalah merkuri dan timbal.
                                    pengertian pencemaran lingkungan                             
 
terimakasih atas kunjungan anda dalam artikel kali ini yang berjudul pengertian pencemaran lingkungan, semoga artikel ini dapat membuat penecemaran lingkungan menjadi bisa teratasi dan semoga artikel pengertian pencemaran lingkungan bermanfaat!

                                      pengertian pencemaran lingkungan

 

keyword : pencemaran lingkungan, pengertian pencemaran lingkungan, penjelasan pencemaran lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *