Pengertian dan Macam macam dosa besar

Pengertian Dosa Besar

    Pengertian dosa besar –     apasih pengertian dari dosa besar? mungkin itu terpintas dari benak anda karena anda mungkin melakukan dosa lalu dosa yang anda lakukan itu termasuk ke dosa besar atau enggak sih? anda tepat sekali sudah dayang di postingan saya kali ini yang berjudul pengertian dosa besar dan macam macam dosa besar.
bagi anda yang ingin mengetahui kebenarannya anda bisa mengunjungi Pengertian Dosa Besar diartikel tersebut menjelaskan tentang pengertian dosa besar menurut islam, sebaiknya anda baca artikel pengertian dosa besar tersebut agar bisa memahami artikel ini tetang macam macam dosa besar.

Macam Macam Dosa Besar

   Macam Macam Dosa Besar –   Beberapa contoh dosa besar yang akan dibahas pada bab ini adalah syirik, bunuh diri, durhaka kepada orang tua, zina, homoseksual, minum khamar, dan pembunuhan. Simak Uraian tentang macam macam dosa besar berikut ini :

1. Syirik

       Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah swt. dengan sesuatu selain dia. Syirik merupakan  dosa besar yang paling berat hukumannya. Pelakunya (disebut musyrik/musyirikin) tidak akan memperoleh ampunan dari Allah swt. kecuali sebelum meninggal dunia dia sudah bertobat dengan sunggu sungguh. (lihat QS. An-Nisa, 4:48).

2. Bunuh Diri

        Allah melarang orang melakukan tindakan bunuh diri sebagaimana disebutkan dalam firman Allah swt. sebagai berikut yang artinya :
“Wahai orang orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka diantara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimi. Sungguh, Allah maha penyayang kepadamu.” (QS. An-Nisa, 4:29)

3. Durhana Kepada Orang Tua

       Akibat buruk dari durhaka kepada orang tua akan terjadi pada orang tua dan anakyang durhana. Orang tua akan memperoleh penderitaan, sedangkan anaknya akan mendapat murka dari allah swt., yaitu mendapat siksa, baik didunia maupun di akhirat.

   Rasulullah saw. bersabda, “Rida allah berada di dalam rida kedua orang tua dan kemurkaannya berada pada kemurkaan kedua orang tua.”(HR. Tabrani & Ibnu Amar).
       Kita sering kali membantah perintah orang tua dengan berbagai cara. Bahkan, kita sering membaca berita, seorang anak tega membunuh orang tuanya hanya karena permintaannya tidak dipenuhi. Jangan membunuh, berkata “Ah” saja pada orang tua sangatlah dilarang.

4. Zina 

          Zina adalah hubungan kelamin (persetubuhan) laki laki dan perempuan di luar pernikahan yang sah. Perbuatan ini diharamkan dan termasuk kota besar, sesuai firman Allah swt, yang artinya :

“Dan janganlah kamu mendekati zina, (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra, 17:32)

        Menurut hukum islam, pelaku zina yang belum menikah dihukum dengan 100 kali cambukan dan diasingkan selama setahun. Sedangkan pelaku zina yang sudah menikah dihukum rajam sampai mati.

 5. Homoseksual (gay dan lesbian)

                Homoseks adalah pemuasan atau penyaluran nafsu seks sesama jenis, sesama pria (gay) dan sesama wanita (lesbi).
        Rasulullah saw. bersabda, yang artinya : 
 
“Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan kaum luth, Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan kaum luth, dan Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan kaum luth.”(HR. Ahmad)

6. Makan Makanan haram dan Minum Khamar

            Makanan yang diharamkan karena zatnya telah dijelaskan secara rinci dalam Al-Quran surah Al-Maidah ayat 3. Khamar adalah segala sesuatu yang memabukkan dan menghalangi akal sehat peminumnya dari menjalankan perintah Allah swt. da rasulnya. Khamar mencakup segala hal yang memabukkan, baik berupa cairan maupun zat padat yang dimakan, diminum, dihisap atau disunyikkan kedalam tubuh. Contoh kamat adalah minuman beralkohol, ganja, narkotika, dan lain lain.

7. Pembunuhan

          Pembunuh adalah perbuatan melenyapkan nyawa orang lain. perhatikan firman Allah swt. berikut ini yang artinya:
” Dan barang siapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka jahanam, dia kekal dialamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.” (QS. An-Nisa, 4:93)
Dilihat dari sisi perbuatannya, pembunuh terbagi menjadi :
a. Pembunuhan terencana, dengan menggunakan senjata, tangan kosong, atau benda lain yang dapat menghilangkan nyawa seseorang.
b. Pembunuhan seperti sengaja, yaitu pembunuhan yang tampak seperti sengaja padahal sebenarnya tidak sengaja. Misalnya, memukul orang dengan alat yang biasanya tidak  menyebabkan kematian, seperti sebatang lidi, tetapi ternyata orang yang dipukul kemudian mati.
c. Pembunuh tidak sengaja. Misalnya, seseorang yang berbadan gemuk jauth terpeleset dan menimpa orang yang berbadan kurus, sehingga orang yang tertimpa itu meninggal.
Dalam hukum islam, sanksi bagi pelaku pembunuhan adalah hukuman mati (qisas) sesuai syarat syarat yang telah ditentukan. Tujuan diberlakukannya hukum qisas adalah untuk memlihara kelangsungan hidup umat manusia, serta mewujudkan ketenteraman dan kedamaian dalam masyarakat (lihat QS. Al-Baqarah, 2:179).
Sekianlah dari artikel pengertian dan macam macam dosa besar! semoga bermanfaat!
Keywords : pengertian dosa besar, macam macam dosa besar, jenis jenis dosa besar, macam dosa besar, jenis dosa besar, dosa besar, pengertian dan macam macam dosa besar, pengertian dosa besar dan macam macamnya, pengertian dosa besar dan macam macam dosa besar

2 thoughts on “Pengertian dan Macam macam dosa besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *