Jenis jenis perangkat lunak

Jenis jenis perangkat lunak -, Perangkat lunak punya jenis ? ya, perangkat lunak itu ada jenis jenisnya loh simak aja pembahasan dibawah ini.

Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem. Berkat adanya hak cipta dan pengembangan suatu produk, saat ini berkembang beragam jenis perangkat lunak, misalnya perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain publik, shareware, freeware, rentalware, free software, dan open source.

A. Perangkat Lunak Aplikasi
      contoh pengkat lunak aplikasi yang paling banyak dikenal adalah microsoft office yang meliputi program aplikasi word, excel, power point, dan aplikasi lain. perangkat lunak aplikasi biasa digunakan untuk membantu menyelesaikan beragam tugas, misalnya surat menyurat, membuat dokumen, memanipulasi poto, membuat laporan keuangan, atau merancang desain suatu bangunan. kategori perangkat lunak aplikasi, antara lain aplikasi bisnis, hiburan, grafis dan multimedia, pendidikan, komunikasi, produktivitas kerja, dan program ulitilas proyek.
1) perangkat lunak untuk kategori bisnis adalah perangkat lunak untuk keperluan pengolahan kata, spreadsheet , basis data, presentasi grafis, akuntansi, personal information manager dan manajemen proyek.
2) perangkat lunak untuk kategori multimedia dan grafis adalah cad (computer aided design), perangkat lunak untuk menentukan tata letak atau desain lay out pada percetakan, penyuntingan gamar, penyuntingan foto, penyuntingan audia dan video, dan pembuatan web.
B. perangkat lunak sistem
       perangkat lunak sistem berguna untuk mengontrol berbagai sumber daya yang ada pada peralatan yang digunakan komputer, yaitu cpu (central Prosesing Unit), peralatan input, dan peralatan output. jadi, perangkat lunak sistem berfungsi sebagai jembatan penghubung antara program aplikasi yang digunakan dengan elemen elemen perangkat keras (sumber daya komputer) yang dipakai. contoh perangkat lunak sistem operasi diantaranya adalah sistem operasi windows dan linux.

seperti itulah artikel kali ini yang membahas tentang jenis jenis perangkat lunak.

Jangan lupa ninggalin jejak ya dengan berkomentar di bawah sini

keyword : jenis jenis perangkat lunak, jenis perangkat lunak, perangkat lunak, jenis jenis software, semua tentang perangkat lunak, software

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *