Jenis jenis jaringan komputer

Jenis Jenis Jaringan Komputer – jaringan komputer tentu saja memiliki jenis jenisnya, mungkin bagi kamu yang sudah lama bergelut dibidang jaringan atau komputer pasti tau hal ini tapi banyak orang awan diluar sana yang belum mengetahuinya dan dia mencari tau dan sampailah di blog ini. hahahaha

jenis jenis jaringan komputer :

A. LAN (Local Area Network)
   lan merupakan jaringan yang menghubungkan beberapa komputer pada area yang terbatas ( tidak luas ), misalnya dalam gedung. Biasanya, lan banyak digunakan untuk perumahan, perkantoran, industri, akademik, dan rumah sakit.
                 Media komunikasi yang digunakan untuk jaringan tersebut berupa kabel atau nirkabel (wireless). Lan menghubungkan paling sedikit dua unit komputer yang masing masing telah dilengkapi LAN CARD ( kartu jaringan) dengan jarak maksimal 200 meter. hal ini disebabkan untuk transmisi lan terbatas karena menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal berkecepatan 10-100Mbps (megabyte/detik)
B. MAN ( Metropolitan Area Network)

     Man lebih luas jika dibandingkan dengan Lan karena disusun oleh beberapa lan yang saling terhubung. jenis jaringan tersebut dapat digunakan oleh perusahaan (instansi) dalam satu kota dan antar universitas.

C. WAN ( Wide Area Network)

     Wan merupakan sistem jaringan yang menghubungkan beberapa lan dan wan. contoh jaringan wan yang paling terkenal adalah internet yang radiusnya mencakup negara dan benua. untuk mengakses wan, kamu membutuhkan network provider, yaitu perusahaan jasa yang menyediakan media penghubung yang mempu menghubungkan jaringan jaringan yang berbeda lokasi tersebut. Wan memiliki kelebihan, yaitu adanya ftp ( file transfer protokol) atau fasilitas yang dapat digunakan untuk transfer file melalui internet dan dapat menjangkau antar negara dan seluruh dunia.
pada umumnya, semua jaringan komputer disusun oleh komponen komponen sebagai berikut:
a. server, yaitu komputer yang menyediakan resource ( sumber daya ) agar dapat diakses oleh pengguna jaringan
b. clients atau klien, yaitu komputer komputer yang dapat mengakses server yang telah disediakan dan dapat berbagi sumber daya secara bersama sama.
c. media, yaitu fasilitas penghubung antar komputer
d. shared data, yaitu kumpulan data yang tersimpan didalam server dan masing masing komputer yang dapat digunakan secara bersama.
e. resources, yaitu sumber daya yang dapat diakses atau digunakan oleh pengguna jaringan secara bersama sama, misalnya printer, media penyimpanan, atau sumber daya yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *