Cara Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah

Cara Pengolahan Dan Pemanfaatan Limbah

Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah – Siapasih yang tidak tahu limbah, yaitu sampah hasil dari produksi atau kegiatan makhluk hidup. Disini saya kan berbagi cara pengolahan lombah dan cara pemanfaatan limbah agar lebih berguna dan limbahpun menjadi berkurang tentunya, ayo apa lagi yang ditunggu bacalah artikel cara pengoalhan dan pemanfaatan limbah ini. 
     
         Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah.
       Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah – Limbah akan selalu dihasilkan selama manusia melakukan berbagai kegiatan dalam rangka memnuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraannya. Oleh karena itu, kita harus selalu melakukan berbagai usaha untuk mengatasi permasalahan limbah ini sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi manusia dan lingkungannya.
Beberapa usaha yang dapat kita lakukan dalam mengatasi limbah ini adalah sebagai berikut : 

1. Reduce, Reuse, Recycle (3R)

           Reducea adalah kegiatan mengurangi penggunaan barang atau bahan yang nantinya dapat menjadi limbah. Misalnya, menggunakan kedua sisi kertas untuk menulis, menggunakan pulpen atau bolpoin yang tintanya dapat diisi kembali dan menggunakan produk produk yang dapat diisi ulang.
      Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah –  Untuk limbah yang tidak dapat dimanfaatkan kembali tentunya kegiatan reduce dapat dilakukan. Reduce merupakan pengurangan penggunaan barang atau bahan sumber limbah yang tidak dapat dimanfaatkan kembali. Disamping itu, harus dilakukan pengolahan melalui proses tertentu sehingga tidak membahayakan lingkungan. Adapun untuk limbah yang dapat dimanfaatkan kembali, usaha yang sering dilakukan untuk mengatasinya adalah melalui kegiatan reuse dan recycle.
     Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah –  Reuse merupakan kegiatan penggunaan kembali barang barang bekas pakai yang masih dapat digunakan, tentunya setelah barang barang tersebut dibersihkan kembali. Proses reuse ini biasanya tidak memerlukan pengolahan khusus. Contohnya adalah penggunaan kembali botol botol minuman bekas setelah dibersihkan terlebih dahulu. Kantong plastik bekas bungkus juga dapat digunakan kembali untuk membungkus benda atau barang yang lain.
             Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah –  Adapun recycle merupakan kegiatan mendaur ulang barang barang bekas pakai menjadi jenis barang yang sama atau barang baru sehingga dapat digunakan kembali. Proses recycle ini biasanya memerlukan pengolahan khusus. Misalnya, plastik bekas dapat diolah menjadi bijih plastik yang nantinya dapat dipakai untuk membuat produk plastik yang baru seperti ember, tong sampah, dan alat alat rumah tangga. Kertas bekas juga dapat didaur ulang menjadi kertas daur ulang dan kertas hias kegiatan daur ulang ini selain dapat mengatasi masalah sampah, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Produk hasil daur ulang dapat dijual sehingga mendatangkan keuntungan.

2. Pembuatan Kompos

             Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah –  Limbah hasil pertanian atau perkebunan seperti daun daun yang rontok atau bagian tanaman lainnya yang sudah mati dapat diolah menjadi pupuk organik melalui proses pengomposan. Sampah organik seperti sisa saturan dan buah buahan serta kotoran ternak juga dapat dimanfaatkan menjadi kompos. Kompos adalah bahan atau sampah organik yang sudah mengalami pembusukan oleh bakteri bakteri pembusuk. Kita dapat melakukan pengomposan dan kemudian menggunakan kembali pupuk kompos yang kita buat untuk tanaman sehingga dapat menghemat penggunaan pupuk kimia atau buatan. Kompos dapat dibuat dalam waktu sekitar 4 bulan, tetapi dengan menggunakan pengaktif atau aktivator, proses pembuatannya dapat menjadi lebih cepat menjadi sekitar 1 bulan.
     Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah – Beberapa keuntungan dalam penggunaan pupuk kompos dibandingkan dengan pupuk buatan, antara lain unsur haranya lebih bertahan lama di dalam tanah. Selain itu pupuk kompos tidak menimbulkan pencemaran, tidak mematikan organisme tanah lain, dan biaya produksinya lebih rendah.

3. Pembuatan Biogas

      
                 Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah –  Selain dibuat kompos, kotoran ternak dapat dimanfaatkan untuk pembuatan biogas. Biogas merupakan gas yang dihasilkan dari hasil fermentasi bahan organis dengan bantuan bakteri. Bahan organik tersebut, antara lain kotoran hewan dan manusia, limbah domestik (rumah tangga) dan sampah biodegradable. Gas yang paling banyak dihasilkan biasanya berupa gas metan (CH4) dari karbon dioksida biogas dapat dipakai menjadi sumber energi baru, misalnya untuk memasak, untuk penerangan, sebagai bahan bakar kendaraan, maupun untuk menghasilkan listrik.
      Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah –  Pada proses pembuatan biogas dihasilkan limbah berupa limbah biogas, yaitu limbahyang berupa kotoran ternak yang telah hilang gasnya (slurry). Limbah tersebute merupakan pupuk organik yang sangat kaya dengan unsur unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Bahkan, unsur unsur tertentu seperti protein, selulosa, dan lignin tidak dapat ditemukan pada pupuk kimia. Pupuk organik dari biogas tealah diujicobakan pada tanaman jagung, bawang merah, dan padi.

4. Pengolahan Dengan Sistem Aerobik

     Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah – Pengolahan limbah melalui sistem aerobik dilakukan dengan maksud untuk menumbuhkan mikroorganisme yang dapat mengubah bahan organik yang berbahaya menjadi bahan yang tidak berbahaya. Salah satucara yang dilakukan dalam pengolahan sistem aerobik ini adalah dengan memasukkan lumpur aktif yang banyak mengandung zat pengurai ke dalam limbah. Lumpur aktif dapat menguraikan bahan bahan organik yang terdapat didalam limbah. Pengolahan dengan lumpur aktif dilakukan terhadap limbah cair yang mengandung bahan organik dan endapannya.
Sekian artikel cara pengolahan dan pemanfaatan limbah! semoga bermanfaat!!
keyword : cara pengolahan limbah, cara pengolahan dan pemanfaatan limbah, pengolahan dan peman faatan limbah, cara memanfaatkan limbah, cara mengolah dan memanfaatkan limbah
     Cara pengolahan dan pemanfaatan limbah.

2 thoughts on “Cara Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *